Capaian Pembelajaran Lulusan Pendidikan Olahraga
- Details
- Category: Uncategorised
- Published: 14 July 2020
- Written by olahraga
- Hits: 125
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN OLAHRAGA
Capaian pembelajaran lulusan program studi Pendidikan Olahraga meliputi aspek sikap, aspek keterampilan umum, aspek keterampilan khusus, dan aspek penguasaan pengetahuan adalah
CPL-SIKAP
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki tanggung jawab pada negara dan bangsa;
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
CPL-PENGETAHUAN
1. Menguasai kurikulum, konsep dan filosofi pendidikan olahraga
2. Memahami dan menguasai konsep, teori, filosofi cabang-cabang olahraga dalam perspektif keolahragaan secara ilmiah
3. Memahami dan menguasai konsep, teori, filosofi struktur keilmuan pendidikan olahraga secara ilmiah
4. Menguasai berbagai pendekatan, strategi dan metode yang inovatif dalam pembelajaran pendidikan olahraga
5. Menguasai konsep dan etika profesi dalam tenaga kependidikan dan keolahragaan
6. Memahami karakteristik peserta didik dalam pendidikan olahraga
7. Menguasai struktur keilmuan dan filosofi teori dalam seperangkat disiplin ilmu pembelajaran pendidikan olahraga
8. Mengetahui dan memahami tes, pengukuran dan evaluasi proses dan hasil belajar dalam pendidikan olahraga serta bidang keolahragaan
9. Memahami prosedur penelitian ilmiah meliputi penyusunan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasinya
CPL-KETERAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir,dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiat
CPL-KETERAMPILAN KHUSUS
1. Terampil dalam dasar keilmuan mendidik (scientific basis of the art of teaching), etika profesi kependidikan dalam lingkup Pendidikan Olahraga
2. Terampil dalam (skill) dalam seperangkat disiplin ilmu pendukung yang terintegrasi dari ilmu pengetahuan dalam rangka memahami fenomena pendidikan olahraga secara komprehensif
3. Terampil dalam memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk kajian-kajian ilmiah, penelitian, memuat journal dalam lingkup pendidikan olahraga serta ilmu keolahragaan
4. Terampil dalam memanfaatkan tes, pengukuran dan evaluasi proses dan hasil belajar secara autentik dalam pendidikan jasmani, olahraga dan rekreasi untuk mengambil keputusan
5. Terampil dalam berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dalam tim multi disiplin ilmu
6. Terampil dalam kemampuan evaluasi diri, kemandirian dan beretos kerja tinggi.
7. Terampil dalam kemampuan manajerial dan integritas dalam komunitas kerja Pendidikan olahraga
8. Terampil dalam memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
9. Terampil dalam melaksanakan inkuiri/penelitian dan kajian ilmiah dalam pendidikan olahraga serta ilmu keolahragaan sesuai spesifikasinya.